Biografi Kurt Lewin

pinterest.com

Lewin dilahirkan di Mogilno, Jerman pada tanggal 9 September 1890 dan meninggal pada tanggal 12 Februari 1947 di Newtonville, Massacussets, Amerika Serikat. Lewin termasuk orang yang harus melarikan diri dari Jerman ke Amerika karena ancaman Nazi. Sebelum berimigrasi ke Amerika, ia pernah bekerja sebagai militer dan mengajar di Universitas Berlin antara tahun 1921-1933. Setelah berada di Amerika Serikat ia bekerja di Lowa State University dan Massachussets Institute of Technology.

Lewin memiliki beberapa teori diantaranya ada teori lapangan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perkawinan, rekonstruksi manusia korban perang, dan menerangkan tingkah laku kelompok. Teori lapangan ini memiliki paham bahwa tingkah laku seseorang adalah selalu memiliki tujuan tertentu dan tujuan itu adalah untuk mencari keseimbangan.

Adapun teorinya yang bersifat praktis adalah teori tentang konflik. Lewin membagi konflik menjadi 3 jenis :

  1. Konflik mendekat-mendekat. Konflik ini terjadi jika seseorang menghadapi dua objek yang sama sama bernilai positif. Orang itu akan mengalami konflik jika mendekati salah satu objek, akibatnya ia harus melepaskan salah satu yang lain
  2. Konflik menjauh-menjauh. Konflik ini terjadi jika seseorang berhadapan dengan dua objek yang sama sama bernilai negative tetapi ia tidak bisa menghindari kedua objek itu sekaligus. Jika ia menghindari objek pertama maka ia harus mendekati objek kedua yang juga tidak disukainya demikian pula sebaliknya
  3. Konflik mendekat-menjauh. Dalam konflik ini hanya terdapat satu objek yang bernilai positif dan negative sekaligus. Sehingga jawabannya adalah apakah ia akan menjauh atau mendekat.

Disamping teori-teorinya yang murni, Lewin terkenal pula dengan karya-karyanya dengan pengalaman teori-teori itu dalam berbagai bidang. Kurt Lewin memang terkenal sebagai orang yang pandia menggabungkan teori dengan praktik.

Referensi:

Sarwono, Sarlito W. 2000. Berkenalan dengan Aliran-Aliran dan Tokoh-Tokoh Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang

Irwanto,. Gunawan, Felicia Y. 2018. Sejarah Psikologi Perkembangan Perspektif Teoretis. Jakarta: Gramedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *