Biografi Wilhelm Wundt

Wilhelm Wundt. Sumber: Dok. Wikimedia Commons

Lahir dengan nama Wilhelm Maximilian Wundt pada tanggal 6 Agustus 1832 merupakan seorang dokter, psikolog, fisiolog, dan professor. Beliau disebut sebagai  penemu psikologi modern dan dianggap sebagai “Bapak Psikologi Eksperimental”. Pada tahun 1879, Wundt mendirikan laboratorium formal pertama secara resmi untuk riset psikologis di Universitas Leipzig dan membuat jurnal riset psikologis pertama pada tahun 1881. Tujuan pendirian laboratorium ini untuk menerapkan pemikiran-pemikirannya dalam mempelajari perbedaan dari pengalaman tentang kesadaran manusia yang mengarah pada beberapa tinjauan tentang biologi, psikodinamika, behavioral, humanistik, kognitif, lintas kultural atau kultur sosial. Dari sudut pandangnya tersebut Wilhelm Wundt ditetapkan sebagai tokoh psikolog pertama dan pendirian laboratorium tersebut menjadi awal penetapan psikologi sebagai disiplin ilmiah yang berpisah dari filsafat.

Wilhelm Wundt mempelopori strukturalisme sebagai dasar kajian psikologi. Menurut Wundt, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kesadaran manusia dengan mengkaji proses kejiwaan dengan metode intropeksi yang berdasarkan pada filsafat. Wundt dan para strukturalis Jerman menghasilkan pendekataan untuk mengetahui kesadaran dan perilaku manusia dengan melalui fenomenologi yang mengutamakan pengalaman dan mekanisme yang mengutamakan percobaan.

Salah satu karya tulisnya yang penting dalam sejarah psikologi ialah “Principles of Physiological Psychology” yang dipublikasikan pada tahun 1874. Karyanya tersebut mencakup sistem dalam psikologi yang berupaya menyelidiki beberapa pengalaman langsung dari kesadaran seperti perasaan, emosi, gagasan, terutama dijelajahi melalui introspeksi. Dalam eksperimennya, Wundt memahami kecerdikan manusia dengan mengidentifikasi elemen pembentuk kesadaran manusia seperti halnya zat kimia yang bisa dibagi menjadi berbagai elemen. Pada akhirnya, Wilhelm Wundt meninggal di umur 88 tahun pada tanggal 31 Agustus 1920 di kota Jerman.

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Wilhelm_Wundt

https://p2k.unibabwi.ac.id/en4/2-2829-2718/Wundt_91981_stie-niba_p2k-unibabwi.html

http://webspace.ship.edu/cgboer/wundtjames.html

https://plato.stanford.edu/entries/wilhelm-wundt/

https://plato.stanford.edu/entries/wilhelm-wundt/#LifTim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *