Biografi Jean Piaget

Jean Piaget. Foto: Dok. Wikimedia Commons
Jean Piaget. Foto: Dok. Wikimedia Commons

Jean Piaget, salah satu pakar psikologi yang lahir tanggal 09 Agustus 1896 di Neuchatel. Piaget merupakan salah satu pakar psikologi paling berpengaruh sepanjang sejarah dan menjadi salah satu tokoh yang menjelaskan tentang teori perkembangan. Di dalam teorinya, Piaget menjelaskan bahwa perkembangan kognitif adalah tentang bagaimana anak mampu beradaptasi dan menginterpretasikan suatu objek maupun kejadian lain yang ada disekitarnya. Piaget membagi tahapan perkembangan kognitif ke dalam 4 tahap sebagai berikut :

● Tahap Sensorimotor (0-2 tahun) Pada tahap ini, bayi mulai belajar membangun suatu pemahaman mengenai dunia dengan cara mengkoordinasikan pengalaman-pengalaman sensor (seperti melihat dan mendengar) melalui panca indera dengan tindakan fisik.

● Tahap Praoperasi (2-7 tahun) Di tahap ini, anak mulai menggunakan simbol-simbol, kata-kata atau gambar untuk melambangkan objek yang ada disekitarnya.

● Tahap Operasi Konkrit (7-11 tahun) Pada tahap ini anak mulai belajar mengembangkan operasi logis yang dicirikan dengan perkembangan dalam sistem pemikiran yang mulai didasari aturan-aturan yang lebih logis.

● Tahap Operasi Formal (> 11 tahun) Di tahap ini anak akan memperoleh kemampuan untuk bisa berpikir secara abstrak, menalar dengan logis, mampu menarik kesimpulan dari informasi yang diterima. Selain itu, tahapan ini akan terus berlanjut hingga dewasa dimana nantinya individu akan memahami hal-hal seperti cinta, bukti-bukti logis dan nilai atau value.

Di tahun 1918, Piaget juga menerbitkan novel intelektual yang berjudul “Recherché”. Piaget juga meraih gelar kehormatan pertama dari Universitas Harvard pada 1963 diikuti lebih dari empat puluh gelar kehormatan termasuk Erasmus Prize pada 1972. Piaget tetap berkarya setelah pensiun tahun 1971 dengan menulis buku tentang epistemologi konstruktivis dan beliau meninggal di tahun 1980.

Referensi:

Biografi Jean Piaget dan Perkembangan Kerangka Berpikir – JEJAK PENDIDIKAN

Biografi Singkat Jean Piaget – IndoPositive – Bahas Psikologi Sehari-Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *