Biografi Carl Gustav Jung

Carl Gustav Jung. Foto: Dok. Wikimedia Commons

Carl Gustav Jung lahir di Kesswill, Swiss, 26 Juli 1875 merupakan salah satu psikolog yang mencetuskan mengenai psikologi analitis. Jung terkenal karena teorinya tentang ketidaksadaran pada manusia, termasuk gagasan bahwa ada yang dinamakan ketidaksadaran kolektif yang dimiliki semua orang.

Dalam teori Carl Jung, ada tiga tingkatan kesadaran: pikiran sadar, ketidaksadaran pribadi , dan ketidaksadaran kolektif . Pikiran sadar mengacu pada segala peristiwa dan ingatan yang kita sadari. Lalu ketidaksadaran pribadi mengacu pada peristiwa dan pengalaman dari masa lalu kita sendiri yang tidak sepenuhnya dapat kita sadari. Sedangkan ketidaksadaran kolektif mengacu pada simbol serta pengetahuan yang mungkin tidak kita alami secara langsung, tetapi masih mempengaruhi kita. Ketidaksadaran kolektif ini terdiri dari arketipe, yang didefinisikan Jung sebagai suatu gambaran kuno yang berasal dari ketidaksadaran kolektif. Dengan kata lain, arketipe adalah konsep, simbol, dan citra penting dalam budaya manusia. Jung menggunakan istilah-istilah maskulinitas, feminitas, dan ibu sebagai contoh dari arketipe.

Pada tahun 1921, Jung mengeluarkan buku berjudul Psychological Types. Buku ini memperkenalkan dan menjelaskan beberapa tipe kepribadian yang berbeda, seperti introvert dan ekstrovert. Ekstrovert menurut Jung memiliki kecenderungan pribadi yang terbuka, memiliki jaringan sosial yang besar, bisa menikmati perhatian dari orang lain, dan senang menjadi bagian dari kelompok besar. Sedangkan Introvert juga memiliki teman dekat yang sangat mereka sayangi, tetapi mereka lebih cenderung membutuhkan banyak waktu sendiri, dan mungkin lebih lambat dalam menunjukkan diri mereka yang sebenarnya di sekitar orang baru. Carl Jung juga mempelopori salah satu jenis terapi yang disebut pula terapi analitis. Terapi ini bertujuan untuk bisa lebih memahami alam bawah sadar dan bagaimana hal tersebut dalam mempengaruhi perilaku pada klien. Pada terapi ini, terapis akan mencoba untuk memahami isi pikiran klien dan akan mencoba untuk mengatasi gejala atau perilaku yang mengganggu klien.

Referensi:

Biography of Carl Jung: Founder of Analytical Psychology (thoughtco.com)

Carl Gustav Jung – Biografi, Teori, Pandangan, dan Sejarah Hidup (gunabraham.com)

Carl Jung biografi bapak psikologi mendalam / Psikologi | Psikologi, filsafat dan pemikiran tentang kehidupan. (sainte-anastasie.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *