Muda Berprestasi

Medium Jiwa

(Inspiring Stories)

AA (nama samaran) ialah seorang atlet selam yang berprestasi berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Peselam muda ini berkelahiran di Banjarnegara, 31 Desember 2002. AA tergabung dalam kontingen Indonesia di Vietnam dalam ajang olahraga Sea Games 2022. Gadis tangguh ini telah melewati banyak rintangan hingga pada titik ini. AA telah menekuni bidang olahraga renang sejak usianya masih 5 tahun. Hingga pencapaian terbesarnya saat ini ia berhasil meraih perak pada Sea Games 2022 di Vietnam.

Tentu saja peselam muda ini sudah banyak menoreh prestasi dalam bidangnya. Namun, seperti yang kita ketahui tentu saja hal itu tidak mudah. Dengan intensitas latihan yang tinggi sementara ia harus tetap menyeimbangkan dengan pendidikan akademiknya. Tekanan yang ia alami sangat berat. 

Iya stress rasanya, capek. Tekanan dari pelatih dituntut jadi juara.” ungkapnya dalam sesi wawancara. 

Sebagai seorang remaja tentu saja AA juga mengalami konflik-konflik sosial dengan teman sebayanya. 

Sedih banget, mau nyerah rasanya. Tekanan dari mana-mana. Kalau mau cerita ke temen takut ceritanya disebar kemana-mana.” jelasnya. 

Pada saat pelatnas gadis ini merasa sedih, ketika seharusnya ia mendapat dukungan dari teman-temannya justru malah terjadi konflik antara dirinya dengan temannya. Hal tersebut tentu saja mengganggu fokus dan konsentrasi pikirannya. 

AA juga bercerita bahwa ia pernah berkonsultasi dengan seorang psikolog dari Ikatan Psikologi Olahraga selama pelatnas. Dalam organisasi tersebut beranggotakan psikolog yang menangani masalah-masalah psikis pada atlet. Konsultasi tersebut dilaksanakan seminggu 2 kali, sekali dilaksanakan secara berkelompok dan sekali dilaksanakan secara individu. Peselam muda ini beranggapan bahwa hal tersebut dirasa penting dan seharusnya terus dilakukan secara rutin, tidak hanya selama pelatnas.

Selama proses konsultasi ia ditanya, dalam perhitungan skala, seberapa semangat yang ia miliki saat ini, kenapa alasannya, dan ia juga diminta untuk bercerita kondisi yang dialami sejak awal hingga saat ini. Hanya saja gadis ini merasa takut dan kurang nyaman saat berkonsultasi karena harus bercerita kepada orang yang baru ia temui. AA juga merasa khawatir bahwa ceritanya akan sampai ke orang lain selain pelatihnya. Selain itu durasi konsultasi yang singkat juga membuatnya kurang bisa menyampaikan banyak hal. Meski demikian, berkonsultasi dengan seorang ahli tetap dirasa membantu untuk mengurangi stressnya dan hipnoterapi membuatnya merasa lebih tenang.

Hipnoterapi merupakan tipe terapi yang menggunakan teknik hipnosis, yaitu tindakan memasuki alam bawah sadar seseorang untuk memberikan sugesti tertentu. Pada kasus depresi, hipnoterapi bertujuan untuk membuat seseorang fokus dan rileks, sehingga perasaan dan emosi negatif di masa lalu bisa dikendalikan.

AA sendiri lebih senang saat menjalani konsultasi secara kelompok. Karena dalam konsultasi kelompok lebih banyak game dan pelatihan. Gadis ini lebih merasa enjoy dan asyik saat berkonsultasi secara kelompok. Sehingga ini dapat mengurangi rasa jenuhnya. Selain itu konsultasi secara berkelompok ini juga bertujuan untuk meningkatkan solidaritas antaranggota kelompok atau tim. 

Dalam kesehariannya jika ia merasa stress dan tertekan dengan kondisinya remaja ini lebih memilih untuk tidur, berdzikir mendekatkan diri kepada Tuhan, atau pergi bertemu teman-temannya. Ia juga senang bepergian seorang diri ke tempat-tempat pusat perbelanjaan atau hanya sekedar menonton film di bioskop. 

Walaupun AA memiliki ketakutan akan terulangnya konflik-konflik sosial dengan teman dan keluarga saat dalam persiapan pertandingan yang sangat mengganggu fokus dan konsentrasinya tetapi persoalan tersebut tidak memadamkan api semangatnya. Pemuda yang tangguh ini merasa tidak menyangka bahwa dirinya mampu melewati titik terberat dalam hidupnya. Saat ini AA merasa bahagia karena telah menjadi seseorang yang lebih kuat dan merasa siap juga berani untuk menghadapi tantangan-tantangan yang menantinya di depan. Baginya dukungan dan doa dari keluarga dan teman-temannya merupakan hal yang sangat penting untuknya dapat berdiri kuat hingga saat ini.

*Narasumber AA memilih untuk tidak menyebutkan nama asli dalam artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *