Biografi Alfred Binet

Sumber: google.com

Alfred Binet adalah seorang psikolog, pedagog, dan ahli grafologi Prancis, yang juga dikenal karena kontribusinya pada bidang psikologi eksperimental, psikometri diferensial, dan atas kontribusinya yang cukup besar pada pengembangan pendidikan. Ia berasal dari kota Nice, Prancis dan lahir pada 8 Juli 1857. Binet menjadi pendiri dari psikologi eksperimental di Prancis serta pendiri dari Societe Libre pour I’Etude Psychologique de I’Enfant, dan berubah nama menjadi Societe Alfred Binet setelah ia meninggal. Di tahun 1895, Binet menjadi direktur Laboratorium Psikologi Fisiologis di Universitas Sorbonne, Paris. Kontribusi Binet dalam bidang pengembangan pendidikan membuatnya dianggap sebagai bapak tes kecerdasan.

Pada tahun 1905 dan 1911 Binet danThéodore Simon mencoba mengembangkan skala yang dapat digunakan untuk pengukuran kecerdasan anak. Binet juga menerbitkan beberapa karya tentang sugesti di tahun 1900 dan histeria di tahun 1910. Test yang dikembangkan oleh Binet merupakan test intelegensi yang pertama, meskipun kemudian konsep mengenai usia mental mengalami revisi sebanyak dua kali sebelum dijadikan dasar dalam test IQ.

Pada tahun 1914, tiga tahun setelah Binet wafat, seorang psikolog Jerman, William Stern, mengusulkan bahwa dengan membagi usia mental anak dengan usia kronological (Chronological Age atau CA), maka akan lebih memudahkan untuk memahami apa yang dimaksud “Intelligence Quotient” atau IQ Rumus ini kemudian direvisi oleh Lewis Terman, dari Stanford University, yang mengembangkan test untuk orang-orang Amerika. Perhitungan statistik baru inilah yang kemudian menjadi definisi atau rumus untuk menentukan Intelligensi seseorang: IQ=MA/CA*100. Test IQ inilah yang dikemudian hari dinamai Stanford-Binet Intelligence Test yang masih sangat populer dan masih banyak digunakan  sampai dengan hari ini.

Referensi:

https://id.thpanorama.com/articles/curiosidades/alfred-binet-biografa-y-obra-del-padre-del-test-de-inteligencia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *