Berita Acara : Webinar “Psychology First Aid (PFA)”

Pada hari Sabtu 31 Juni Tahun 2020. Telah diadakan Seminar Online dengan Tema Psychology First Aid (PFA). Yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan & Pengabdian Masyarakat (BPPM) dari Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) Wilayah 4 Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini di awali dengan pembukaan oleh moderator  yaituVerra Ismi Jayanti dengan menyapa seluruh peserta dan juga pemateri yang telah join di zoom. Kemudian acara ini secara resmi di buka dengan sambutan 1 oleh Koordinator Wilayah 4 yaitu Arifka Widiyanti, dan juga sambutan 2 Oleh Koordinator Badan Pengembangan dan Pengandian Maysarakat yaitu Tati Aprianti. Setelah itu acara dimulai dengan pembacaan biodata Pemateri yaitu bapak Emanuel Radityo Hapsoro Ekoputranto S. Psi., M. Psi. PSikolog , dan kemudian dilanjutkan dengan materi.

Materi yang disampaikan begitu meranrik, tak jarang beberapa peserta bahkan bertanya di kolom komentar sebelum sesi tanya jawab di buka. Pak Emanuel pun menanggapinya dengan sangat baik, mengingat beliau menyadari bahwa materi yang ia sampaikan hari itu sangat di butuhkan oleh kami. Untuk memenuhi rasa ingin tahu kami, pak Emanuel pun akhirnya mencoba membuatkan kami studi kasus sebagai feed back dari materi yang disampaikan sebelumnya, dan menariknya peserta semakin semangat lagi. Hingga akhirnya materi selesai disampaikan dan tiba saat sesi pertanyaan di buka. Dimana waktu ini  adalah yang paking dinantikan oleh beberapa peserta yang penasaran dari awal materi di tayangkan.

Pertanyaan pertama dibuka oleh mbak Nurul dari Universitas Mercu Buana Jakarta , kemudian pertanyaan kedua  mbak Destya dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, kemudian pertanyaan Ketiga dari mas sahid dari Universitas Lambung Mangkurat. Ketiga pertanyaan ini ditampung kemudianpak Emanuel mulai menjawab semua pertanyaan peserta . sesi tanya jawab ini berangsung sekitar 30 menit. Namun karena banyaknya peserta yang bertanya sahut sahutan, akhirnya kami memutuskan untuk menuliskan pertanyaan di kolom komentar dan langsung dijawab oleh pemateri. Dalam sesi pertanyaan ini kami batasi 1 orang 1 pertanyaaan, mengingat karena via online maka waktu kami pun terbatas.

Setelah sesi tanya jawab selesai, moderator membacakan kesimpulan sekaligus pengumuman give away dari seminar kali ini. Untuk pemenangnya kami memilih mbak Nurul dari Universitas Mercu Buana Jakarta, yang kami anggap pertanyaannya yang paling menarik. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan diakhiri dengan closing yang dipandu oleh moderator. Acara pun selesai dengan seluruh pesera meninggalkan room Zoom online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *