Berita Acara “Kiat Menjadi Human Resource Development Yang Berkualitas”

mengartikanx

Pelatihan yang berjudul “Kiat Menjadi Human Resource Development Yang Berkualitas” yang dilaksanakan pada Kamis, 26 September 2019 pada pukul 08.00 hingga 15.30 WIB. Acara kali ini dilaksanakan di Convention Hall lantai 1 Universitas Islam Negeri Yogyakarta dan juga dibawahi oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Psikologi berkolaborasi dengan Laboratorium Psikologi Industri  dan Organisasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pelatihan Human Resource Development ini dimoderatori oleh Awa Fauziah. Acara ini dipandu oleh dosen psikologi dan praktisi, yakni Miftahun Ni’mah Suseno, M.A., Psikolog (Dosen Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Nur Haris Ali, S. Psi., M. Sc. (Ex- Internal Recruiter Monroe Counsulting Group, Jakarta), dan Moch. Latief Hasyim Rosyidi S. Psi. (General Affair Senior PT Santos Jaya Abadi). Dan acara ini dihadiri oleh 98 peserta yang notabene dari program studi psikologi.

Pada sesi pertama, ada dua materi yang disamapaikan yakni relation industrial dan job analys. Kedua materi tersebut dibawakan oleh dua pemateri yang dimana relation industrial dibawakan oleh Miftahun Ni’mah Suseno, S. Psi., M.A., Psikolog. Dalam materi ini dikutip dari beliau mengenai bagaimana pentingnya hubungan dalam industri “Hubungan dalam industri ini menciptakan hubungan yang harmonis, dinamis dan kondusif di suatu perusahaan”. Selanjutnya, pada penyampaian yang dibawakan oleh Nur Haris Ali, S. Psi., M. Sc.  materi mengenai job analys yang menjadi poin penting yang disampaiakan,”Setiap pekerjaan ada kualifikasi dan kompetensi yang diperlukan”. Dan pada sesi terakhir,  materi yang disampaikan mengenai coaching, counseling dan mentoring. Materi ini disampaikan oleh alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Moch Latief Hasyim Rosyidi, S. Psi. Yang dimana menjadi poin utama yang dipaparkan,” Semua mengenai hal tersebut harus melihat kebutuhan apa yang dibutuhkan dalam organisasi atau industri dalam mengembangkan staff atau karyawan untuk mewujudkan apa yang dijadikan tujuan oleh perusahaan.”

Dan kemudian dialakukan sesi pertanyaan dengan dua termin, termin pertama dilakukan pada sesi pertama dan termin kedua pada sesi kedua. Pada sesi tanya jawab ini respon dari audiens sangant antusias dan bahkan pada saat pemateri menyampaikan materi terjadi diskusi dengan audiens yang cukup panjang. Hal ini menunjukkan rasa penasaran yang tinggi dari audiens. Acara ini ditutup dengan games dan pemeberian doorprize kepada peserta yang memiliki skor tertinggi dalam games tersebut. Acara selesai pada pukul 15.30 WIB Kamis, 26 September 2019.

benad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *