Berita Acara Bedah Film Psikologi 2019 “The Voices”

czzcz

Kegiatan Bedah Film Psikologi 2019 “The Voice” di laksanakan pada tanggal 06 Oktober 2019 di ruang B.209 Kampus Terpadu  Universitas “Aisyiyah Yogyakarta, di mulai pada pukul 08.00- 08.40 untuk registrasi kehadiran, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 114 orang, dan dilanjut kan pembukaan pada pukul 08.40-09.10 yang berisi Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh saudara Felix Nur Azmi, Menyanyikan Lagu (Indonesia Raya dan Mars Aisyiyah) lalu sambutan oleh Kaprodi Psikologi Universitas “Aisyiyah Yogyakarta yaitu Ibu Annisa Warastri, S.Psi.,M.Psi., Psi dan Ketua HIMAPSI Universitas “Aisyiyah Yogyakarta yaitu saudara Abdul Fakhry L, lalu masuk ke sesi “nonton bareng”, setelah itu ada quis dan pemberian dorprice oleh ibu Ratna Yunita, S.Psi., M.Psi., Psikolog, lalu di lanjutkan dengan membedah film “The Voice” oleh Ibu Ratna Yunita, S.Psi., M.Psi., Psikolog, pemberian materi ini berlangsung asik dan menyenang kan walaupun di kupas dari segi psikologis dan berikut ringkasan materi yang beliau paparkan.

“Orang-orang dengan gangguan jiwa yang berobat di rumah sakit jiwa atau yang pernah dirawat jalan di rumah sakit jiwa, ketika pulang ke lingkungan rumah akan di judge oleh lingkungan sekitar. Mereka-mereka yang pernah di diagnose sebagai orang dengan gangguan jiwa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi dan bahkan lebih bisa sukses dari orang normal pada umumnya.

Delusi dalam istilah lain disebut sikosis. Delusi punya waham, halusinasi, mati rasa, bisa menggunakan kekerasan apapun untuk mencapai tujuannya. Delusi lebih bahaya daripada halusinasi karena ia bisa saja menggunakan kekerasan.

Apakah delusi bisa menurun pada keturunan berikutnya? Jawabannya bisa. Delusi bisa menurun melalui pola asuh orang tua. Selain itu delusi bisa menurun melalui genetic, karena struktur otak (lobus frontalis) diturunkan ke anak

Depresi ringan : setiap orang pernah mengalami depresi ringan. Contoh dari depresi ringan yaitu mau ngapa-ngapain males, susah tidur, mudah curiga dengan orang lain. Biasanya terjadi dalam kurun waktu satu minggu

Depresi sedang : contohnya nafsu makan berkurang atau bahkan bertambah, sensitive. Terjadi dalam kurun waktu dua minggu

Depresi berat : tidak nafsu makan, menarik diri dari lingkungan, merasa bahwa tuhan itu tidak adil, merasa bahwa ia adalah orang paling sengsara di dunia, merasa bahwa hidupnya suram, sensitive nya melampaui batas, depresi berat akan mengarah pada bunuh diri”

Setelah itu ada sesi foto bareng bersama peserta, lalu di lanjutkan degan pemberian plakat, pembagian makan siang, lalu penutupan.

waw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *