Hari Kesehatan Mental Sedunia: Lihat, Sadar, dan Gerak!

IMG-20161010-WA0003Istilah Kesehatan Mental diambil dari konsep mental hygiene, kata mental berasal dari bahasa Yunani yang berarti Kejiwaan. Kata mental memilki persamaan makna dengan kata Psyhe yang berasal dari bahasa latin yang berarti Psikis atau Jiwa, jadi dapat diambil kesimpulan bahwa mental hygiene berarti mental yang sehat atau kesehatan mental. Kesehatan mental adalah terhindarnya seseorang dari keluhan dan gangguan mental baik berupa neurosis maupun psikosis (penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial). Menurut WHO (1947) sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental, dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan (WHO, 1947).
Penyesuaiaan diri berhubungan dengan cara-cara yang dipilih individu untuk mengolah rangsangan, ajakan dan dorongan yang datang dari dalam maupun luar  diri. Penyesuaian diri yang dilakukan oleh pribadi yang sehat mental adalah penyesuaian diri yang aktif dalam pengertian bahwa individu berperan aktif dalam pemilihan cara-cara pengolahan rangsang itu. Individu tidak seperti binatang atau tumbuhan hanya reaktif terhadap lingkungan. Dengan kata lain individu memiliki otonomi dalam menanggapi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Bagaimana seorang yang sehat mentalnya?
Kesehatan mental seseorang sangat erat kaitannya dengan tuntutan-tuntutan masyarakat tempat ia hidup, masalah-masalah hidup yang dialami, peran sosial dan pencapaian-pencapaian sosialnya. Apabila mental dan jasmani individu tersebut sehat tentunya akan sedikit kemungkinan terjadinya gangguan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika mental individu tersebut sehat maka individu tersebut dapa terhindar dari gejala-gejala gangguan dan penyakit jiwa, sehingga ia dapat menyesuaikan diri dan dapat memanfaatkan segala potensi dan bakat yang dimiliki. Dengan keadaan mental yang sehat maka individu tersebut dapat bekembang secara optimal. Ciri-ciri orang yang sehat mental:

  1. Memiliki sikap batin (Attitude) yang positif terhadap dirinya sendiri.
  2. Aktualisasi diri ( kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa.)
  3. Mampu mengadakan integrasi dengan fungsi-fungsi psikis yang ada
  4. Mampu berotonom terhadap diri sendiri (Mandiri)
  5. Memiliki persepsi yang obyektif terhadap realitas yang ada
  6. Mampu menselaraskan kondisi lingkungan dengan diri sendiri. (Jahoda, 1980).
  7. Memiliki persepsi yang akurat terhadap realita,termasuk melihat realita sebagaimana adanya.
  8. Tidak menyangakal hal-hal buruk yang terjadi di masa lalunya dan masa kini.
  9. Memiliki penguasaan terhadap situasi, termasuk mempunyai kontrol diri di dalam mengasihi orang lain, di dalam pekerjaan termasuk dalam bersahabat dengan orang lain.
    Lalu, bagaimana dengan seorang yang mentalnya tidak sehat?
    Mental yang sehat tidak akan mudah terganggu oleh Stressor (penyebab terjadinya stres) orang yang memiliki mental sehat berarti mampu menahan diri dari tekanan-tekanan yang datang dari dirinya sendiri dan lingkungannya. (Noto Soedirdjo, 1980) menyatakan bahwa ciri-ciri orang yang memilki kesehatan mental adalah Memilki kemampuan diri untuk bertahan dari tekanan-tekanan yang datang dari lingkungannya.
    Dapat di tarik kesimpulan bahwa pada dasarnya hidup adalah proses penyesuaian diri terhadap seluruh aspek kehidupan, orang yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya akan gagal dalam menjalani kehidupannya. Manusia diciptakan untuk hidup bersama, bermasyarakat, saling membutuhkan satu sama lain dan selalu berinteraksi, hal ini sesuai dengan konsep sosiologi modern yaitu manusia sebagai makhluk Zoon Politicon .
    Sumber:
    HYPERLINK “file:///C:/Users/City/Downloads/Artikel%20Kesehatan%20Mental%20%20%252%09Artikel%20Indo” file:///C:/Users/City/Downloads/Artikel%20Kesehatan%20Mental%20%20%2 Artikel%20Indo esia.htm
    HYPERLINK “file:///C:/Users/City/Downloads/dentistry%20%20KONSEP%20SEHAT%20S” file:///C:/Users/City/Downloads/dentistry%20%20KONSEP%20SEHAT%20S KIT%20MENURUT%20WHO.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *